Home | News | Melalui radio amatir, ORARI lindungi pulau terluar Indonesia
Author : Font Size :   Normal   |   2X   |   4X   |   8X   |   10X
Logo ORARI Logo ORARI

Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) adalah satu-satunya wadah bagi amatir radio di Indonesia. Organisasi ini resmi berdiri pada 9 Juli 1968, sebelum alat komunikasi handphone dengan berbagai varian muncul.

Ketua Umum Orari, Sutiyoso menyatakan, Orari telah banyak membaktikan diri terhadap bangsa. Termasuk rencana Orari yang akan melakukan ekspedisi 'Island On The Air, (IOTA) pada 2013 ini di pulau-pulau perbatasan Indonesia.

"Jadi dari IOTA itu, negara lain dapat mengetahui bahwa kita siaran dari Indonesia. Dari situ kita bisa mengamankan pulau terluar karena orang tahu, ternyata pulau itu punya Indonesia," kata Sutiyoso di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (4/4).

Sutiyoso menyayangkan dengan pulau-pulau di Indonesia yang banyak dilirik oleh negara lain. "Orari ini untuk ikut membantu mengamankan pulau terluar. Soalnya ngamanin tahanan saja enggak bisa, bagaimana mau ngamanin pulau terluar," sindir Sutiyoso terkait kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, ekspedisi IOTA ini dilakukan dalam rangka upaya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI sekaligus masuk rangkaian kegiatan yang dibahas dalam rapat koordinasi teknis (rakornis) Orari.

"Dalam ekspedisi IOTA ini ada dua tim yang akan terlibat. Tim pertama adalah tim besar yang terdiri dari 20 personel dan akan bertugas memasang pemancar sekaligus siaran di Pulau Mapia (Papua), Miangas (Sulawesi Utara), Anambas (Kepulauan Riau), dan Rondo (Aceh)," jelas Sutiyoso.

Sedangkan tim kecil, Sutiyoso menambahkan, tim ini terdiri dari 10 personel yang akan ekspedisi di Pulau Nias (Sumatera Utara), dan Banggai (Sulawesi Tengah).

"IOTA ini akan dibahas secara mendalam di Rakornis Orari pada 7-9 April 2013, di Jakarta. Maksud dari digelarnya Rakornis Orari adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam melakukan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian amatir radio di Indonesia," tutup Sutiyoso.

[bal]
 
 
Total Comments ( posted)
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia

Sekretariat ORARI DAERAH JAWA TIMUR
LOTUS REGENCY BLOK F-2
Jl. Ketintang Baru Selatan IA - Sby 60232
Telp.: (031) 829 7999 / 0878 0878 5008
Fax. : (031) 829 7999
Email : jatim@orari.or.id
Facebook   Twitter   Google Plus   Pinterest   Youtube  
"
ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Copyright © 2016 ORARI - Organisasi Amatir Radio Indonesia
Seluruh materi dan konten dilindungi oleh hukum atas hak cipta
ORARI Daerah Jawa Timur
ORARI is a member-society and International Secretariat of the International Amateur Radio Union
ORARIDA Jatim RSS   |   Member Update RSS   |   RSS   |   Atom
To Top

Membangun Kerjasama Team

News
Wednesday, 6 April 2016 - 09:05 WIB

Pengurus ORARIDA Jatim Th. 2015 - 2020

News
Wednesday, 6 April 2016 - 08:37 WIB